reviewdramaasia_jepang_career_fall-2016
Share the loves of drama asia!
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://reviewdramaasia.com/2016/11/27/review-drama-jepang-career-polisi-elit-yang-baik-hati/

Profile / Sekilas

  • Judul Drama: Career
  • Judul Romaji: Kyaria〜Okiteyaburi no Keisatsu Shocho
  • Judul Bahasa Jepang: キャリア〜掟破りの警察署長〜
  • Sutradara: Junichi Ishikawa, Daiden Yamauchi
  • Penulis: Shota Koyama, Erika Seki
  • Stasiun Televisi: Fuji TV
  • Genre: Detective/ Police / Mystery
  • Episode:
  • Tanggal rilis: 9 Oktober 2016 —
  • Jam tayang: Minggu 21:00
  • Bahasa: Jepang

Cast

Sinopsis

001_career_fall_2016_japanese_drama_jepang

Minori Aikawa kesiangan lagi pagi itu. Ia sontak terbangun saat jam weker berbunyi kalem. Minum susu seadanya, ia langsung melesat menuju kantor. Minori tidak bisa telat lagi. Bisa-bisa ia dimarahi lagi oleh Kepala Bagian Minami. Apalagi ia masih anak baru. Minori yang mengincar posisi detektif veteran tidak bisa membiarkan dirinya terancam karena jam karet.

Tapi kejadian lain menunggu dirinya. Bus yang ia tumpangi tidak berhenti di halte. Kalem meluncur. Jelas Minori tidak terima. Ia tidak ingin terlambat pagi itu, akhirnya ia rela bermandi keringat demi mengejar si bus. Bus pun akhirnya berhenti. Ia baru saja mau masuk ke dalam bus, ketika seorang pria paruh baya mengacungkan pisau di depan penumpang. Naluri detektif Minori langsung menyala-nyala. Ia semangat empat lima, menawarkan dirinya sebagai sandera menggantikan para penumpang.

003_career_fall_2016_japanese_drama_jepang

Tapi apa yang terjadi? Ia malah ditendang keluar bis oleh salah satu penumpang pria. Pria muda berjaket kuning yang kebetulan sedang dipagari sebilah pisau di lehernya, tapi ia malah bertindak heroik. Entah heroik, entah nekat, atau sesederhana orang aneh yang cari mati.

Minori langsung melaporkan kejadian ini pada atasannya. Ia langsung mengerahkan pasukan untuk menyelamatkan bus jalur utara nomor 7 yang tengah menuju Aula Pusat Kota. Pasukan langsung siaga. Senjata dan perisai terpancang rapi. Semua sudah siap perang.

005_career_fall_2016_japanese_drama_jepang

Tapi kenyataan ternyata lebih manis.

Bus terparkir patuh di depan kantor polisi cabang Kitamachi. Pria berjaket kuning keluar pintu bus dengan pisau terhunus. Ia tersenyum hangat, dan entah mengapa berkata, “Maaf, saya terlambat.”

004_career_fall_2016_japanese_drama_jepang

Ternyata pria tersebut mengadakan semacam negosiasi terhadap pembajak bus. Interaksi kata penuh empati yang menundukkan ego dan murka si penjahat. Seketika penjahat bertekuk lutut, dan ia menyerahkan diri pada polisi dengan takut-takut.

Minori jadi penasaran. Sebenarnya siapa pria muda tersebut?

Hari itu bertepatan dengan hari datangnya Shacho (Direktur) baru ke kantor polisi Kitamachi. Mereka langsung tercengang begitu mengetahui shacho baru adalah si pria berbaju kuning! Sambutan meriah penuh terompet pun membuat mereka semakin terheran-heran.

006_career_fall_2016_japanese_drama_jepang

Bagaimana tidak? Ia terlihat muda. Mungkin sekitar 35 tahunan. Tampilannya sangat santai. Kasual berbalut kaos dan jaket sederhana. Tidak ada yang menyangka pria bernama Kinshiro Toyama itu adalah Shacho baru yang menempuh jalur career.

Orang yang bisa menempuh jalur career hanya 0.1% dari seluruh petugas kepolisian. Mereka yang berhasil di sana memiliki kesempatan menggenggam posisi atasan, lebih dari polisi manapun. Bisa dibilang, Kinshiro Toyama adalah salah satu elit yang langka.

007_career_fall_2016_japanese_drama_jepang

Namun siapa sangka Kinshiro Toyama tidak betah duduk di belakang kursi dan mengerjakan tugas administrasi biasa: tanda tangan dokumen. Ia lebih suka terjun langsung ke tempat kejadian, mengkorelasikan bukti-bukti di tempat kejadian dengan teori di kepalanya. Ia pun sering dapat pandangan sinis dari bawahannya. Seorang elit tidak usah ikut campur dalam urusan lapangan. Tapi Toyama berbeda. Ia tetap terjun dengan senyum hangat meski dicibir oleh beberapa orang.

Review.

Sejauh ini baru nonton empat episode, dan so far so good. Fairly good. Tamaki Hiroshi pas banget jadi Kinshiro Toyama, elit cerdas yang rendah hati nan hangat. Suaranya yang rendah bersahaja jadi atribut yang pas dalam mendukung perannya. Belum lagi matanya yang hangat. Alur cerita bergulir menyenangkan, dengan trivia-trivia yang bikin kita cengar cengir sendiri. Takimoto Miori pun masih sama. Aktif dan penuh energi. Yay Panda!

Yang menarik perhatian saya adalah pola yang sama. Pattern yang mirip. Setiap episode memiliki cerita kejahatan yang berbeda, dan diakhiri dengan penyelesaian Toyama yang brilian.  Adegan ciri khasnya adalah penjahat yang bertekuk lutut di depan Toyama, begitu mengetahu pria biasa-biasa saja itu adalah Shacho. Saya tidak bisa bilang ini klise, dan mungkin adegan berulang itu adalah identitasnya. Seperti Kindaichi yang selalu bilang, “Misteri telah terpecahkan” di akhir analisis. Cuma yah, ada kesan “Oh” datar ketika adegan ini berlangsung. Hehe.

But overall, kasusnya masih menarik untuk disimak. I got the message bahwa polisi yang baik tidak harus terikat hierarki. Hierarki bukan berarti kau tidak bisa apa-apa. Yang terpenting dari itu semua adalah, keinginan untuk menolong sesama bukan?

Ya, 7/10 kalau menurut saya. How’s your version? Sharing-sharing yuk! 😀

Lagi demen nonton dramanya the silly but cute Matsuda Ryuhei. Selalu terkagum-kagum sama versatilitas drama Jepang. Demen karakter tsundere, drama yang genrenya unik seperti Akumu-chan, juga suka ngeliat akting Kaku Kento di 1/2 Ranma Live action.
Share the loves of drama asia!
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://reviewdramaasia.com/2016/11/27/review-drama-jepang-career-polisi-elit-yang-baik-hati/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>