800px-nigeru_wa_haji_da_ga_yaku_ni_tatsu
Share the loves of drama asia!
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://reviewdramaasia.com/2016/11/03/review-jdrama-nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu-we-married-as-a-job/

 

Sekilas Profil

  • Judul: We Married as Job (Bahasa Inggris) / Runaway is Ashamed But Helpful (Arti secara harfiah)
  • Dalam Romaji: Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu
  • Dalam bahasa Jepang: 逃げるは恥だが役に立つ
  • Sutradara: Fuminori Kaneko
  • Penulis: Tsunami Umino (manga), Akiko Nogi
  • Stasiun: TBS
  • Genre: Romance, Workplace
  • Episodes:
  • Release Date: 11 Oktober, 2016 —
  • Hari tayang: Selasa
  • Bahasa: Jepang
  • Negara: Japan

Cast

00_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_aragaki-yui_mikuri-moriyama

Aragaki Yui as Mikuri Moriyama

00_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_hoshino-gen_tsuzaki-hiramasa

Hoshino Gen as Tsuzaki Hiramasa

00_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_otani-ryohei_kazami-ryota

Otani Ryohei as Kazami Ryota

00_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_ishida-yuriko_tsuchiya-yuri

Ishida Yuriko as Tsuchiya Yuri

Sinopsis

01_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Mikuri Moriyama adalah seorang gadis lulusan pasca sarjana yang terdampar di divisi administrasi. Setelah lulus kuliah, Mikuri mencoba peruntungan berburu pekerjaan di bidang desain produk, namun hasilnya nihil. Akhirnya ia mendaftar di agensi ‘hakken’ (hakken adalah pekerja kontrak) dan harus menerima nasib menerima tugas administrasi biasa. Bahkan kadang ia diminta mencuci gelas atasan. Meski nasibnya bisa tergolong naas, namun Mikuri tetap mengerjakan tugasnya dengan ceria. Ia bahkan mencuci gelas atasannya dengan senyum ikhlas.

Namun nasib berkata lain. Di suatu siang yang damai, Mikuri dipanggil atasannya. Dan berita buruk pun berkumandang. Perusahaan sedang mengadakan pengurangan personil, dan Mikuri kena sasaran. Mikuri tidak habis pikir, gadis yang duduk di sebelah mejanya tetap melanjutkan kerja. Gadis yang selalu garuk-garuk kepala jika mengerjakan tugas grafik yang mudah. Mikuri yang cemerlang justru disingkirkan. Meski Mikuri harus angkat kaki dengan lesu, ia tetap menampakkan wajah ceria. Mungkin sudah turunan ayahnya.

02_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Malamnya, sang Ayah mengusulkan pada Mikuri untuk bekerja di rumah kenalannya yang bernama Tsuzaki Hiramasa. Tsuzaki bekerja sebagai system engineer dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Ya, pekerjaan rumah. Bersih-bersih, menyiapkan makan malam, dan mencuci pakaian. Akhirnya Mikuri si Sarjana S2 Psikologi bekerja di mansion Tsuzaki Hiramasa setiap jumat selama tiga jam, dengan gaji 2000 yen per jam.

07_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Sementara itu, Tsuzaki Hiramasa pria yang sangat tenang. Lebih tepatnya cenderung dingin. Selama 35 tahun hidup, ia tidak pernah memiliki pengalaman cinta. Ia mendedikasikan hidupnya penuh ke pekerjaan, dan menganggap cinta adalah hal terakhir yang mungkin datang ke hidupnya.

 

Karena itu Tsuzaki sangat terkejut saat Mikuri mengajukan ide gila tentang pernikahan kontrak. Saat itu suasananya sangat bagus. Tsuzaki bersyukur karena Mikuri membersihkan kaca jendela dengan baik, membuat ruangan jadi lebih cerah. Tsuzaki ingin Mikuri tetap bekerja di rumahnya, meski gadis itu akan ikut ayahnya pindah ke Tateyama, Chiba. Namun gara-gara dipuji Tsuzaki, Mikuri jadi kebablasan. “Aku mau terus bekerja di sini! Atau bagaimana kalau menikah saja? Kau mempekerjakanku sebagai istri. Jadi semacam pernikahan kontrak?”

11_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Langsung guling-guling, salah ngomong

Tsuzaki cuma melongo. Mikuri salah tingkah. Ia langsung menyuruh Tsuzaki keluar ruangan dengan kikuk. Mikuri langsung menyesal ditempat karena ia mengajukan ide yang super absurd. Ini gara-gara percakapannya dengan Yassan, sahabatnya, di sebuah Kafe. Mereka membahas tentang gaji Ibu rumah tangga yang seharusnya mencapai 3.041.000 yen dalam setahun, jika mereka dibayar.

10_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Namun siapa sangka, Tsuzaki akhirnya setuju dengan ide logis itu. Tidak ada ruginya, dan kedua belah pihak cukup diuntungkan. Mikuri kerja dan dibayar, rumah Tsuzaki pun bersih. Mikuri pun bekerja sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga ‘kontrak’

Bagaimanakah hidup Mikuri selanjutnya?

Review

04_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Waktu mendengar castnya, saya agak tercenung mendengar nama Hoshino Gen. Hoshino Gen? Sang otaku yang muncul di Akihabara@Deep, yang punya ‘kelainan’ membeku dan keluar asap tiba-tiba dari kepalanya? Hahaha. Jujur saja agak kaget, karena dia nggak ada kesan leading male yang pas di imajinasi saya. Image Taiko (namanya saat di drama Akihabara@Deep) masih melekat di kepala saya. Koplak dan kocak banget soalnya. Jadi agak susah membayangkan dia jadi pemeran utama pria yang kalem dan serius.

05_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Tapi di luar dugaan, saya jadi terkagum-kagum dengan Hoshino Gen. Perannya cukup berhasil. Hoshino Gen menjelma jadi Tsuzaki Hiramasa yang kalem dan tenang. Paling terkesan sama gerak minornya, saat dia terkejut oleh spontanitas si Mikuri.

09_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Selain itu, umumnya saya biasa aja dengan Aragaki Yui (Gakky), tapi saya sukaaa banget perannya di sini. Lucu banget. You know the tendency of self-talk when you have certain situation to explain something? Drama ini menjelaskan dengan sangat baik kecenderungan itu. Kadang kita berlatih ngomong sendiri untuk menjelaskan keadaan kita terhadap orang lain kan? Dan imajinasi si Mikuri Moriyama ini, dia memosisikan dirinya sebagai tamu acara televisi. Dia menjelaskan kondisinya dengan diplomatis di khayalannya. Kocak banget. Tapi saya jadi tahu, kalau sarjana ilmu sosial agak sulit cari kerja di Jepang.

12_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Selain itu epic pointnya adalah, KOI DANCE! Dance terakhir waktu lagu penutup diputar. Ya Tuhan, itu supercute banget. Gerakannya catchy, mudah diingat dan bikin happy. Saya nonton berkali-kali nggak bosen. Diputer-puter terus, dan bikin saya jadi happy sendiri. Kabarnya dance ini lagi booming banget di Jepang. Dan sepertinya, mayan juga buat olahraga 😀 Ngomong-ngomong, lagu penutup dinyanyikan oleh Hoshino Gen. Beliau musisi yang cukup produktif. Saya pun langsung hooked banget sama lagu-lagunya yang ceria dan dipadukan dengan gerakan lucu. This guy surely has good taste of music. :)

122_nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu_japanese_drama_001

Sejauh mata menonton, menurut saya drama ini menghibur banget. Saya rasa masyarakat Jepang juga berpendapat sama. Ratingnya naik 2% setelah penayangan perdana. ‘Pernikahan kontrak’ dalam perspektif yang berbeda menarik banget untuk ditonton. Developmentnya pun cukup menghibur. Chit-chatnya menarik, banyak sekelumit fakta psikologi, dan didukung dengan ilustrasi yang lucu, bikin saya betah nonton. Recommended banget!

Lagi demen nonton dramanya the silly but cute Matsuda Ryuhei. Selalu terkagum-kagum sama versatilitas drama Jepang. Demen karakter tsundere, drama yang genrenya unik seperti Akumu-chan, juga suka ngeliat akting Kaku Kento di 1/2 Ranma Live action.
Share the loves of drama asia!
Follow by Email
Facebook
Facebook
Google+
http://reviewdramaasia.com/2016/11/03/review-jdrama-nigeru-wa-haji-da-ga-yaku-ni-tatsu-we-married-as-a-job/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>